Menanggapi beberapa request mengenai performa CS1 alias Sonic RS125, kami benar-benar khawatir kalau-kalau artikel ini menyulut perdebatan sengit. Oleh karena itu di alinea awal ini kami memohon agar isi artikel ini menjadi bahan kajian, bukan menjadi sumber keributan dan permusuhan.
Performa Honda CS1 Yang Tidak Diketahui Banyak Orang - Baik kita mulai, harus diakui bahwa cs1 merupakan downgrade dari sonic rs125, yang mana pada cs1 rasio kompresi dan powernya lebih rendah. Rasio kompresi cs1 =10.8, dengan power 12.8 ps, sedangkan sonic cr-nya=11 dengan power 13ps. Sepertinya perbedaan powernya sedikit, tapi karena sonic lebih ringan, maka akselerasinya jauh beda dengan cs1. Pada masanya di thailand sana kedigjayaan, sonic cuma bisa disaingi oleh raider 150/satria fu 150.
Sepertinya selain cr beserta pengaruhnya, hampir seluruh bagian mesin dan sasis cs1 identik dengan sonic, bahkan mesin cs1 juga identik dengan cbr125, hanya saja cbr125 gigi-nya ada 6 sementara cs1 cuma 5. Mari kita gali informasi performa yg diusung oleh mesin cs1.
Spesifikasi Mesin Honda CS1
Dari data stroke-nya yang 47.2 mm, diketahui rpm pada piston speed maksimumnya
Terlihat bahwa putaran mesin cs1 masih bisa di-upgrade sampai 13000 rpm, sedangkan saat ini limiter cs1 bekerja di 11500 rpm. Dengan mengacu pada data reduksi gigi-nya
- Reduksi Primer : 3,350 (67/20)
- Reduksi Final : 3,000 (42/14)
- Reduksi Gear 1 : 3,083 (37/12)
- Reduksi Gear 2 : 1,882 (32/17)
- Reduksi Gear 3 : 1,388 (25/21)
- Reduksi Gear 4 : 1,095 (23/21)
- Reduksi Gear 5 : 0,923 (24/26)
Kemudian diperoleh (potensi) top speed nya
Jadi top speed max dari CS 1 std adalah 138 kpj pada gigi-5 di 11500 rpm. Sedangkan dengan menterjemahkan posisi power CS1, 12.8 ps = 12.62 hp pada 10000 rpm, konfigurasi mesin CS1 dapat diprediksi sebagai berikut :
Umumnya dengan power yg cuma 12.62 hp (=12.8ps), cs1 sulit menggapai topspeed 138 kpj, hal ini disebabkan pwr nya yang masih kurang gahar (bobot cs1 relatif berat =114kg), sehingga owner cs1 yang kurang puas dengan tenaganya pasti akan meng-upgrade torsi maupun powernya. Dalam gambar di atas terlihat bahwa ada beberapa variabel yg bisa di-upgrade, yaitu :
1. Efisiensi volumetrik (Volumetric Efficiency/VE), karena VE mesin cs1 masih relati kecil untuk mesin overbore, jadi bisa di-upgrade misalnya sampai 90%. Sama seperti motor lainnya meng-upgrade VE bisa dilakukan dengan;
Dengan peningkatan VE sampai 90%, power mesin CS1 naik jadi 14,19 hp.
2. Meningkatkan komposisi bensin agar tercapai power maksimumnya, yaitu pada lambda =0.85. Ubahan yg perlu dilakukan adalah mengganti karbu cs1 yang masih model vacuum, dengan karbu nsr sp (PE28).
Sekarang power cs1 menjadi 15.03 hp
3. Meningkatkan CR yang awalnya 10.8 menjadi 11 (sama dengan sonic). Peningkatan ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi packing cylinder head 1-2 lembar
Karena CR nya naik sedikit, ya powernya juga naik sedikit.
4. Pada saat ini powernya dah hampir sama dengan satria fu, Kalo mau memperberat reduksi akhir, kayaknya nggak masalah, karena powernya dah nambah 2.33 hp. Jika menggunakan gir belakang ukuran lebih kecil (turun 2 mata), maka topspeed nya bisa mencapai 145kpj pada gigi-5, 11500 rpm
5. Jika masih kurang puas, CDI ori nya bisa diganti cdi racing untuk bisa menembus limiter. Kemudian powerband digeser agak keatas menuju 12500 rpm (masih aman meskipun agak deket dengan batas piston speed maksimum). Pegeseran powerband ini bisa dilakukan dengan merubah overlap camshaft (noken as) + seting ulang panjang knalpot.Maka pada saat itu top speed cs1 menjadi 157 kpj.
Jika penggantian cdi racing diikuti dengan penggunaan koil yg lebih bagus + busi iridium + bbm pertamax (minimal), maka tekanan hasil ledakan di ruang bakar akan bertambah. Dan perkirakan dari modifikasi total ini power cs1 bisa sampai 18.13 hp/12500 rpm, pada saat itu top speed akan sangat mudah diraih. Makanya nggak heran ada cs1 yang topspeednya bisa sampai 156 kpj. kalau sudah demikian maka penyalur tenaga std juga wajib di-upgrade, bisa pasang kampas kopling tiger + per kopling cbr150 (old).
Kira-kira gimana ya kalo CS1 mengadopsi mesin 150cc, DOHC (seperti mesin cb150r), terus di-upgrade ?
Demikian hitung2-an performa cs1 mulai dari std sampai upgrade-nya. Tentunya tidak tepat 100%, tetapi dapat memberikan gambaran performa awal dan peningkatannya kalau kita mengubah/upgrade beberapa bagian mesinnya.
Jadi top speed max dari CS 1 std adalah 138 kpj pada gigi-5 di 11500 rpm. Sedangkan dengan menterjemahkan posisi power CS1, 12.8 ps = 12.62 hp pada 10000 rpm, konfigurasi mesin CS1 dapat diprediksi sebagai berikut :
Umumnya dengan power yg cuma 12.62 hp (=12.8ps), cs1 sulit menggapai topspeed 138 kpj, hal ini disebabkan pwr nya yang masih kurang gahar (bobot cs1 relatif berat =114kg), sehingga owner cs1 yang kurang puas dengan tenaganya pasti akan meng-upgrade torsi maupun powernya. Dalam gambar di atas terlihat bahwa ada beberapa variabel yg bisa di-upgrade, yaitu :
1. Efisiensi volumetrik (Volumetric Efficiency/VE), karena VE mesin cs1 masih relati kecil untuk mesin overbore, jadi bisa di-upgrade misalnya sampai 90%. Sama seperti motor lainnya meng-upgrade VE bisa dilakukan dengan;
- mengganti filter udara ori dengan filter racing
- porting dan polish/PnP(sepertinya sering kita omongin nih masalah PnP, mungkin perlu dibuatin artikelnya)
- ganti camshaft ori dengan camshaft racing, biasanya tinggi lobe nya lebih tinggi 1 mm
- jika diperlukan atur ulang overlap camshaft beserta konfigurasi knalpotnya, supaya bisa memaksimalkan efek scavenging
Dengan peningkatan VE sampai 90%, power mesin CS1 naik jadi 14,19 hp.
2. Meningkatkan komposisi bensin agar tercapai power maksimumnya, yaitu pada lambda =0.85. Ubahan yg perlu dilakukan adalah mengganti karbu cs1 yang masih model vacuum, dengan karbu nsr sp (PE28).
Sekarang power cs1 menjadi 15.03 hp
3. Meningkatkan CR yang awalnya 10.8 menjadi 11 (sama dengan sonic). Peningkatan ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi packing cylinder head 1-2 lembar
Karena CR nya naik sedikit, ya powernya juga naik sedikit.
4. Pada saat ini powernya dah hampir sama dengan satria fu, Kalo mau memperberat reduksi akhir, kayaknya nggak masalah, karena powernya dah nambah 2.33 hp. Jika menggunakan gir belakang ukuran lebih kecil (turun 2 mata), maka topspeed nya bisa mencapai 145kpj pada gigi-5, 11500 rpm
5. Jika masih kurang puas, CDI ori nya bisa diganti cdi racing untuk bisa menembus limiter. Kemudian powerband digeser agak keatas menuju 12500 rpm (masih aman meskipun agak deket dengan batas piston speed maksimum). Pegeseran powerband ini bisa dilakukan dengan merubah overlap camshaft (noken as) + seting ulang panjang knalpot.Maka pada saat itu top speed cs1 menjadi 157 kpj.
Jika penggantian cdi racing diikuti dengan penggunaan koil yg lebih bagus + busi iridium + bbm pertamax (minimal), maka tekanan hasil ledakan di ruang bakar akan bertambah. Dan perkirakan dari modifikasi total ini power cs1 bisa sampai 18.13 hp/12500 rpm, pada saat itu top speed akan sangat mudah diraih. Makanya nggak heran ada cs1 yang topspeednya bisa sampai 156 kpj. kalau sudah demikian maka penyalur tenaga std juga wajib di-upgrade, bisa pasang kampas kopling tiger + per kopling cbr150 (old).
Kira-kira gimana ya kalo CS1 mengadopsi mesin 150cc, DOHC (seperti mesin cb150r), terus di-upgrade ?
Demikian hitung2-an performa cs1 mulai dari std sampai upgrade-nya. Tentunya tidak tepat 100%, tetapi dapat memberikan gambaran performa awal dan peningkatannya kalau kita mengubah/upgrade beberapa bagian mesinnya.
Komentar
Posting Komentar